Sharing Beasiswa LPDP dan Materi Machine Learning

Suatu kebanggaan bagi kami kehadiran sosok alumni yang ingin berbagi ilmu dan pengalamannya. Kanda Muhammad Nur Yasir Utomo merupakan alumni angkatan 2010 yang sekaligus founder Web Direktori Alamat Indonesia (IDalamat.com) berbagi pengalaman tentang bagaimana bisa lanjut S2 melalui beasiswa LPDP dan sekaligus membawa materi tentang machine learning.

Salah satu topik machine learning yang dibahas adalah Natural Leanguage Processing.

Natural Language Processing (NLP) sendiri merupakan salah satu cabang ilmu AI yang berfokus pada pengolahan bahasa natural. Bahasa natural digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi satu sama lain.  Bahasa yang diterima oleh komputer butuh untuk diproses dan dipahami terlebih dahulu supaya maksud dari user bisa dipahami dengan baik oleh komputer.

contoh penerapan NLP adalah Chatbot (aplikasi yang membuat user bisa seolah-olah melakukan komunikasi dengan computer), Stemming atau Lemmatization (pemotongan kata dalam bahasa tertentu menjadi bentuk dasar pengenalan fungsi setiap kata dalam kalimat), Summarization (ringkasan dari bacaan), Translation Tools (menterjemahkan bahasa) dan aplikasi-aplikasi lain yang memungkinkan komputer mampu memahami instruksi bahasa yang diinputkan oleh user.

Materi yang sangat keren.

Kanda yasir utomo sekarang kuliah program pasca sarjana Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada

Share this:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *