SUKSES!, Mahasiswa Teknik Komputer dan Jaringan PNUP Menghadirkan Hingga 500 Peserta pada Seminar dan Workshop RETAS 2019

Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Komputer dan Jaringan Politeknik Negeri Ujung Pandang sukses mengadakan Seminar Nasional dan Workshop RETAS (Cyber Offensive Security National Seminar & Workshop) dengan tema “Counter-Hack”.

Cyber Security adalah pendekatan dan aksi yang berkaitan dengan proses manajemen risiko keamanan yang dibarengi oleh organisasi atau pemerintahan untuk menjaga Confidentiality, Integrity, dan Availability suatu data dan aset yang berada pada dunia cyber.

Hacking adalah sebuah skill untuk melakukan tindakan untuk mencari celah keamanan sebuah sistem, kemampuan ini tidak jarang digunakan untuk melakukan tindak kegiatan merugikan (black hat), namun adapula yang memanfaatkan kemampuan ini untuk mencari celah dengan niat untuk memperbaiki sistem tersebut (white hat) sehingga tidak dapat disalah gunakan oleh lain atau para black hat.

Seminar ini telah dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2019 di Aula Politeknik Negeri Ujung Pandang Gedung Administrasi Lt.3 yang dihadiri lebih dari 400 lebih peserta yang berasal dari kalangan umum yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Dengan dua orang pemateri yang berlatar belakang sebagai seorang IT Security Pentester, Bagus Prasetyo Budiono dan Rizky Renaldi Prakoso membawakan materi seminar yaitu “Keadaan Dunia Cyber Security pada Saat Ini” dan “Basic Cyber Security” yang disambut dengan antusias oleh seluruh peserta kegiatan seminar.

Acara ini dirangkaikan dengan diadakannya pelatihan Workshop yang dilaksanakan keesokan harinya, tanggal 13 Oktober 2019 di Bengkel Komputer dan Jaringan Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang yang dihadiri oleh puluhan peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti kelas pelatihan workshop cyber security yang membahas tentang “How to Hacking”. Kedua pemateri yaitu Pak Bagus dan Pak Renaldi kembali hadir sebagai pemateri dan memberikan pengetahuan kepada peserta tentang dasar-dasar dan cara melakukan kegiatan hacking sebuah sistem.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *