Grup Riset CAIR

Melalui Lembaga riset Center for Applied ICT Research (CAIR) yang dibentuk oleh PSTKJ bertujuan untuk mendukung berbagai kegiatan riset bersama antara dosen dan mahasiswa guna menghasilkan suatu luaran produk teknologi informasi yang tepat guna dan dapat diaplikasikan dalam memberikan solusi terhadap tantangan permasalahan yang dihadapi oleh internal institusi sendiri maupun masyarakat luas secara umum. Beberapa hasil riset yang saat ini dapat digunakan dalam membantu operasional institusi (PNUP) seperti:
  1. Pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PNUP (http://umpn.poliupg.ac.id)
  2. Pengembangan Aplikasi Elearning menggunakan Moodle Engine (https://elearning.poliupg.ac.id)
  3. Pembuatan Sistem Informasi dan Manajemen Akademik (SIMAK –https://simak.poliupg.ac.id).
Selain memberikan solusi untuk keperluan internal institusi, CAIR juga berperan aktif dalam menghasilkan berbagai terobosan dalam memberikan solusi kepada instansi Pemerintah Daerah/Kota sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa. Sebagai contoh kegiatan CAIR dalam memberikan solusi kepada dunia Pendidikan menengah adalah dengan mengadakan sosialisasi dan proses pendampingan penggunaan media pembelajaran elektronik (elearning) di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan. Selain kegiatan tersebut saat ini melalui beberapa MoU yang telah dihasilkan antara PNUP dan Pemerintah Kota Makassar, CAIR berperan aktif dalam ikut serta pengembangansmart city Kota Makassar melalui berbagai diskusi dan konsultansi serta terlibat secara langsung pada pembangunan infrastruktur dan aplikasi Big Data Pemerintah Kota Makassar pada tahun 2018, juga aktif dalam memberikan sumbangsih dalam pembuatan dalam pengembangan aplikasi-aplikasi tepat guna melalui kegiatan yang dilakukan bersama dengan mahasiswa dalam bentuk lomba dan kompetisi dalam lingkup lokal, regional dan nasional.
page68image6317616
 
page68image6319904page68image6318864
Salah satu usaha PSTKJ dalam membina sinergitas dan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, melalui CAIR melakukan pembinaan terhadap komunitas mahasiswa yang diberi nama Computer Network Community (CNC) dibentuk sebagai wadah saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman pada bidang pemanfaatan teknologi informasi untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat dan dunia industri (http://cnc.poliupg.ac.id). CNC aktif dalam mengadakan kegiatan yang membantu mahasiswa dalam berbagi ilmu pengetahuan (knowledge sharing) salah satunya adalah melalui kegiatan Learning Weekendyang dilakukan hampir setiap minggu dengan berbagai pokok bahasan seputar teknologi informasi. Kegiatan ini diisi oleh para mahasiswa tingkat akhir, alumni dan narasumber dari industri. Gambar E-7 berikut adalah salah satu bentuk forum komunikasi menggunakan media sosial (facebook) dan website komunitas CNC untuk berbagi ilmu pengetahuan.