Seiring tuntutan pelayanan yang terus meningkat dan perkembangan usaha di bidang operasional jalan tol menuntut terpenuhinya standar pelayanan 100% setiap saat, dalam hal pengukuran standar pelayanan tepat sasaran khususnya pelayanan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aplikasi report petugas lalu lintas berbasis web dengan Framework Laravel sebagai monitoring dan pemenuhan standar pelayanan minimal jalan tol pada PT XYZ. Metode pembuatan aplikasi menggunakan metode Waterfall. Selain itu, dibuat pemodelan dan evaluasi proses bisnis menggunakan notasi Business Process Model and Notation (BPMN) mengunakan Tool Bizagi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan black box testing dan pengujian hasil kuesioner. Hasil pengujian menggunakan metode black box dan pengujian kuesioner membuktikan bahwa aplikasi ini berjalan sesuai perancangan dan setiap fitur yang ada berfungsi dengan baik. Hasil evaluasi proses bisnis pelaporan pengelolaan jalan tol menunjukkan penggunaan aplikasi pelaporan menggunakan web memberikan manfaat dan peningkatan secara kualitatif dan kuantitatif terhadap pelaporan di jalan tol. Untuk 1 kejadian maka efisiensi waktu pengisian mutasi dan laporan kejadian sebesar 18 menit, jika rata-rata terjadi 5 kejadian per hari maka efisiensi waktu pengisian mutasi dan laporan kejadian sebesar 90 menit (1.5 jam). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu XYZ untuk mencapai target dalam pengendalian terhadap mutu pelayanan jalan tol.
Kontak Peneliti Email Peneliti Print