Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memiliki lembaga yang menyelenggarakan Sertifikasi P1. LSP PNUP sendiri didirikan untuk pelaksanaan asesmen kompetensi bagi mahasiswa/I PNUP. Dalam proses asesmen sertifikasi yang ada saat ini masih dilakukan secara konvensional yaitu dengan cara asesi dayang ke lokasi LSP, menyerahkan dokumen, dan mengisi data pada form-form yang telah disediakan, asesor akan menentukan jadwal asesmen, membuat soal-soal serta melakukan rekapan hasil asesmen sehingga semua rangkaian aktifitas ini akan memakan waktu dimbah lagi harus menyimpan dokumen dalam bentuk fisik yang nantinya bisa saja menimbulkan masalah baru seperti penggunaan kertas dalam jumlah yang banyak yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Perencanaan Aktivitas dan Proses Asesmen Sertifikasi Kompetensi yang akan memudahkan penginputan data untuk pelaksanaan asesmen hingga keputusan asesmen. Sistem perencanaan aktvitas dan proses asesmen sertifikasi kompetensi LSP P1 PNUP dibangun memiliki tampilan website, diharapkan dengan adanya sistem informasi ini asesi, asesor, dan admin bisa mengakses kapanpun dan dimanapun untuk mendapatkan informasi mengenai LSP PNUP. Berdasarka hasil implementasi dan pengujian Sistem Perencanaan Aktivitas dan Proses Asesmen Sertifikasi Kompetensi disimpulkan LSP P1 PNUP berhasil dibuat sesuai dengan perencanaan yang dilakukan yaitu pendaftaran bagi calon asesi dan pelaksanaan asesmen, pengisian MAPA oleh asesor dan pengelolaan data SKKNI serta monitoring data oleh admin. Selain itu berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode Blackbox, Sistem Perencanaan Aktivitas dan Proses Asesmen Sertifikasi Kompetensi LSP P1 PNUP berjalan sesuai fungsi dan setiap fitur yang ada berfungsi dengan baik.
Kontak Peneliti Email Peneliti Print