• cair@poliupg.ac.id

Total Produk Riset: 0

PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP DATA PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING MULTIDIMENSI UNTUK MENENTUKAN SEGMENTASI PELANGGAN (STUDI KASUS: PT GAMA INOVASI BERDIKARI)

Bidang Sains & Teknologi
  • Tim Peneliti Hairatunnisa
  • Jurnal Link Jurnal
  • Share on

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk menghadapi berbagai tantangan ekonomi dalam mempersiapkan strategi bisnis yang tepat. PT Gama Inovasi Berdikari (GIB) sebagai perusahaan akselerator dan hilirisator juga menghadapi kendala dalam melakukan pemetaan strategi bisnis. Dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kecepatan pengambilan keputusan dan perencanaan strategi pemasaran yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan solusi yaitu menerapkan Business Intelligence pada sistem dengan menggunakan metode clustering multidimensi untuk melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan karakteristik dan perilaku penggunaan produk menggunakan algoritma K-Means. Penelitian ini telah berhasil melakukan klasterisasi terhadap data transaksi penjualan online PT Gama Inovasi Berdikari menggunakan algoritma K-Means melalui RStudio. Tingkat akurasi perbedaan antar cluster yang terbentuk mencapai 75,5% yang menunjukkan efektivitas algoritma dalam pemetaan data. Selain itu, hasil pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) mengindikasikan kesuksesan dalam penerapan sistem Business Intelligence dengan skor 72,5. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan data baru dan melakukan clustering secara otomatis. Hasil clustering akan ditampikan melalui dashboard yang dapat membantu dalam penentuan strategi marketing secara efisien.

Kontak Peneliti Email Peneliti Print